Contoh Soal Tematik Tema 4 Kelas 2: Hidup Bersih dan Sehat

Contoh Soal Tematik Tema 4 Kelas 2: Hidup Bersih dan Sehat

Tema 4 kelas 2 Sekolah Dasar (SD) mengangkat topik penting tentang "Hidup Bersih dan Sehat." Tema ini bertujuan untuk menanamkan kesadaran pada siswa tentang pentingnya menjaga kebersihan diri sendiri, lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat, serta bagaimana kebiasaan bersih dan sehat berkontribusi pada kesehatan dan kesejahteraan.

Artikel ini akan menyajikan contoh soal tematik yang komprehensif untuk tema 4 kelas 2, mencakup berbagai subtema dan muatan pelajaran seperti Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP (Seni Budaya dan Prakarya), dan PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan). Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman siswa tentang konsep-konsep penting dalam tema "Hidup Bersih dan Sehat" serta kemampuan mereka untuk menerapkan pengetahuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Subtema 1: Hidup Bersih dan Sehat di Rumah

Subtema ini fokus pada pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan rumah. Siswa diajak untuk memahami berbagai cara menjaga kebersihan rumah, manfaatnya, serta akibat jika rumah tidak bersih.

Contoh Soal Tematik Tema 4 Kelas 2: Hidup Bersih dan Sehat

Bahasa Indonesia:

  1. Bacalah teks berikut dengan saksama:

    Rumah Andi selalu bersih dan rapi. Setiap hari, Andi dan keluarganya bekerja sama membersihkan rumah. Ibu menyapu dan mengepel lantai. Ayah membersihkan halaman dan membuang sampah. Andi membantu membersihkan jendela dan merapikan mainan. Rumah yang bersih membuat keluarga Andi merasa nyaman dan sehat.

    Pertanyaan:

    • Siapa saja yang bekerja sama membersihkan rumah Andi?
    • Apa saja yang dilakukan Ibu untuk membersihkan rumah?
    • Mengapa rumah yang bersih penting bagi keluarga Andi?
    • Buatlah kalimat sederhana tentang cara menjaga kebersihan rumahmu sendiri!
  2. Pilihlah kata yang tepat untuk melengkapi kalimat berikut:

    • Sampah harus dibuang di tempat __. (sembarangan / sampah)
    • Lantai yang kotor harus segera di __. (sapu / cuci)
    • Udara di rumah akan segar jika jendela sering di __. (tutup / buka)
    • Mainan setelah digunakan harus di __. (biarkan / rapikan)

Matematika:

  1. Andi membantu Ibu mencuci piring. Andi mencuci 12 piring. Kemudian, Ibu mencuci 15 piring. Berapa jumlah piring yang dicuci Andi dan Ibu?
  2. Ayah membeli 25 buah apel. Andi memakan 5 buah apel. Berapa sisa buah apel yang dibeli Ayah?
  3. Di ruang tamu terdapat 4 vas bunga. Setiap vas berisi 6 tangkai bunga. Berapa jumlah seluruh tangkai bunga di ruang tamu?

SBdP:

  1. Buatlah gambar sederhana tentang kegiatan membersihkan rumah yang kamu sukai. Berilah warna yang menarik!
  2. Sebutkan alat dan bahan yang bisa digunakan untuk membuat hiasan dari barang bekas yang ada di rumah!

Subtema 2: Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah

Subtema ini menekankan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan sekolah. Siswa diajak untuk memahami peran serta mereka dalam menjaga kebersihan kelas, halaman sekolah, dan fasilitas umum lainnya.

Bahasa Indonesia:

  1. Bacalah puisi berikut dengan saksama:

    Kelas Bersih

    Kelas bersih tempatku belajar,

    Kelas bersih hatiku senang.

    Sampah tidak berserakan,

    Buku tertata rapi.

    Kelas bersih aku sehat,

    Kelas bersih semangat belajar.

    Pertanyaan:

    • Apa yang membuat hati penyair senang?
    • Mengapa kelas bersih penting bagi kesehatan?
    • Buatlah kalimat sederhana tentang cara menjaga kebersihan kelas!
  2. Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat yang benar:

    • kelas – membersihkan – bersama – kami
    • membuang – sampah – tempat – di – harus
    • sehat – bersih – kelas – membuat – badan

Matematika:

  1. Di kelas 2A terdapat 28 siswa. 15 siswa membawa sapu. Berapa siswa yang tidak membawa sapu?
  2. Siswa kelas 2B mengumpulkan sampah di halaman sekolah. Mereka mengumpulkan 32 botol plastik dan 21 kaleng bekas. Berapa jumlah sampah yang dikumpulkan siswa kelas 2B?
  3. Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok untuk membersihkan kelas. Setiap kelompok terdiri dari 4 siswa. Berapa jumlah siswa yang ada di kelas tersebut?

SBdP:

  1. Buatlah karya seni sederhana dengan memanfaatkan daun-daun kering yang gugur di halaman sekolah.
  2. Nyanyikan lagu tentang kebersihan kelas dengan nada yang riang!

PJOK:

  1. Sebutkan 3 contoh kegiatan olahraga yang bisa dilakukan di halaman sekolah untuk menjaga kesehatan!
  2. Jelaskan manfaat melakukan pemanasan sebelum berolahraga!

Subtema 3: Hidup Bersih dan Sehat di Masyarakat

Subtema ini memperluas cakupan kebersihan dan kesehatan ke lingkungan masyarakat. Siswa diajak untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah, seperti selokan, taman, dan tempat umum lainnya.

Bahasa Indonesia:

  1. Buatlah karangan singkat (5-7 kalimat) tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah!
  2. Berikan contoh kegiatan yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan masyarakat!

Matematika:

  1. Warga membersihkan selokan sepanjang 45 meter. Kemudian, mereka membersihkan lagi sepanjang 28 meter. Berapa total panjang selokan yang dibersihkan warga?
  2. Panjang taman bermain adalah 60 meter. Lebar taman bermain adalah 40 meter. Berapa selisih panjang dan lebar taman bermain?

SBdP:

  1. Buatlah poster sederhana yang berisi ajakan untuk menjaga kebersihan lingkungan masyarakat!
  2. Sebutkan contoh alat musik yang bisa digunakan untuk mengiringi lagu tentang kebersihan lingkungan!

PJOK:

  1. Sebutkan contoh kegiatan gotong royong yang bisa dilakukan untuk membersihkan lingkungan masyarakat!
  2. Jelaskan manfaat melakukan pendinginan setelah berolahraga!

Subtema 4: Aku Sehat Karena Rajin Berolahraga

Subtema ini fokus pada pentingnya olahraga untuk menjaga kesehatan. Siswa diajak untuk memahami berbagai jenis olahraga yang sesuai dengan usia mereka, manfaatnya, serta pentingnya melakukan olahraga secara teratur.

Bahasa Indonesia:

  1. Buatlah kalimat sederhana tentang manfaat berolahraga bagi kesehatan!
  2. Sebutkan 3 contoh olahraga yang kamu sukai dan jelaskan mengapa kamu menyukainya!

Matematika:

  1. Andi berlari selama 15 menit. Kemudian, ia bermain bola selama 20 menit. Berapa total waktu yang digunakan Andi untuk berolahraga?
  2. Dalam satu minggu, Andi berolahraga sebanyak 3 kali. Berapa kali Andi berolahraga dalam satu bulan (4 minggu)?

PJOK:

  1. Praktikkan gerakan pemanasan yang benar sebelum berolahraga!
  2. Sebutkan 3 contoh makanan yang baik dikonsumsi setelah berolahraga!
  3. Jelaskan pentingnya minum air putih yang cukup setelah berolahraga!
  4. Sebutkan 3 contoh olahraga yang melatih kekuatan otot!
  5. Sebutkan 3 contoh olahraga yang melatih kelenturan tubuh!

Kesimpulan:

Contoh soal tematik tema 4 kelas 2 ini dirancang untuk membantu siswa memahami konsep-konsep penting tentang "Hidup Bersih dan Sehat" secara komprehensif. Soal-soal ini mencakup berbagai aspek kebersihan dan kesehatan, mulai dari kebersihan diri sendiri, lingkungan rumah, sekolah, masyarakat, hingga pentingnya berolahraga. Dengan mengerjakan soal-soal ini, diharapkan siswa dapat meningkatkan kesadaran mereka tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan, serta mampu menerapkan pengetahuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, soal-soal ini juga melatih kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan kemampuan memecahkan masalah pada siswa. Guru dan orang tua dapat menggunakan contoh soal ini sebagai bahan ajar dan evaluasi untuk membantu siswa mencapai pemahaman yang optimal tentang tema "Hidup Bersih dan Sehat." Penting untuk diingat bahwa pembelajaran tematik harus menyenangkan dan relevan dengan kehidupan siswa, sehingga mereka termotivasi untuk belajar dan menerapkan pengetahuan yang diperoleh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *