- by admin
- 0
- Posted on
Contoh Soal Tematik Tema 3 Subtema 1 Kelas 4: Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Tema 3 kelas 4 SD berfokus pada "Peduli Terhadap Makhluk Hidup." Subtema 1, yang akan kita bahas di sini, secara khusus menyoroti "Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku." Tujuan pembelajaran dalam subtema ini adalah untuk menumbuhkan rasa kepedulian siswa terhadap makhluk hidup di sekitar mereka, memahami pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem, serta meningkatkan kemampuan observasi dan berpikir kritis.
Artikel ini akan menyajikan berbagai contoh soal tematik yang mencakup berbagai muatan pelajaran seperti Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP. Setiap soal akan dilengkapi dengan penjelasan jawaban, tingkat kesulitan, serta variasi soal yang mungkin muncul.
I. Bahasa Indonesia
Fokus utama dalam Bahasa Indonesia pada subtema ini adalah kemampuan membaca dan memahami teks, mengidentifikasi ide pokok, serta mengembangkan kemampuan menulis deskripsi dan laporan sederhana.
Contoh Soal 1:
Teks:
Di halaman rumahku, tumbuh sebatang pohon mangga yang rindang. Daunnya hijau lebat, memberikan kesejukan di siang hari. Setiap pagi, aku melihat burung-burung berkicau riang di dahan-dahannya. Kadang-kadang, aku menemukan ulat kecil yang sedang memakan daun. Aku selalu berusaha menjaga pohon mangga ini agar tetap tumbuh sehat.
Soal:
-
Apa ide pokok dari teks di atas?
a. Pohon mangga yang rindang.
b. Burung-burung berkicau di pohon mangga.
c. Penulis menjaga pohon mangga.
d. Ulat memakan daun mangga. -
Sebutkan ciri-ciri pohon mangga yang terdapat dalam teks!
-
Mengapa penulis berusaha menjaga pohon mangga?
Jawaban dan Penjelasan:
-
Jawaban: c. Penulis menjaga pohon mangga. Ide pokok adalah inti atau gagasan utama yang ingin disampaikan dalam teks. Meskipun semua pilihan ada dalam teks, fokus utama adalah upaya penulis dalam menjaga pohon mangga.
- Tingkat Kesulitan: Mudah
- Variasi Soal: Siswa diminta membuat judul yang sesuai dengan teks.
-
Jawaban: Ciri-ciri pohon mangga: rindang, daunnya hijau lebat, memberikan kesejukan.
- Tingkat Kesulitan: Sedang
- Variasi Soal: Siswa diminta menggambar pohon mangga berdasarkan deskripsi dalam teks.
-
Jawaban: Penulis berusaha menjaga pohon mangga agar tetap tumbuh sehat.
- Tingkat Kesulitan: Mudah
- Variasi Soal: Siswa diminta menjelaskan mengapa penting untuk menjaga tumbuhan.
Contoh Soal 2:
Soal:
Buatlah sebuah paragraf pendek yang mendeskripsikan hewan peliharaanmu atau hewan yang sering kamu lihat di lingkungan rumahmu! Perhatikan penggunaan kalimat yang efektif dan pemilihan kata yang tepat.
Jawaban dan Penjelasan:
(Jawaban akan bervariasi tergantung hewan yang dipilih siswa. Contoh:)
Aku memiliki seekor kucing bernama Miko. Bulunya berwarna oranye dan putih, sangat lembut ketika dielus. Miko sangat suka bermain dengan bola benang. Setiap kali aku pulang sekolah, dia selalu menyambutku dengan mengeong riang. Aku sangat menyayangi Miko.
- Tingkat Kesulitan: Sedang
- Variasi Soal: Siswa diminta membuat puisi pendek tentang hewan atau tumbuhan.
II. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Dalam IPA, fokusnya adalah pada pemahaman bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya, daur hidup hewan, serta pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan.
Contoh Soal 1:
Soal:
-
Sebutkan bagian-bagian utama tumbuhan dan jelaskan fungsi masing-masing!
-
Mengapa akar penting bagi tumbuhan?
Jawaban dan Penjelasan:
-
Jawaban:
-
Akar: Menyerap air dan nutrisi dari tanah, serta menopang tumbuhan.
-
Batang: Menyalurkan air dan nutrisi dari akar ke daun, serta menopang tumbuhan.
-
Daun: Tempat terjadinya fotosintesis (membuat makanan).
-
Bunga: Alat perkembangbiakan tumbuhan.
-
Buah: Melindungi biji dan menjadi sumber makanan.
-
Tingkat Kesulitan: Sedang
-
Variasi Soal: Siswa diminta menggambar bagian-bagian tumbuhan dan memberikan label.
-
-
Jawaban: Akar penting bagi tumbuhan karena berfungsi menyerap air dan nutrisi dari tanah yang dibutuhkan tumbuhan untuk tumbuh dan berkembang. Akar juga berfungsi menopang tumbuhan agar tidak mudah roboh.
- Tingkat Kesulitan: Mudah
- Variasi Soal: Siswa diminta menjelaskan apa yang akan terjadi jika tumbuhan tidak memiliki akar.
Contoh Soal 2:
Soal:
Jelaskan daur hidup kupu-kupu!
Jawaban dan Penjelasan:
Daur hidup kupu-kupu dimulai dari telur yang diletakkan di daun. Telur menetas menjadi larva (ulat) yang memakan daun dan tumbuh besar. Ulat kemudian berubah menjadi pupa (kepompong). Di dalam kepompong, ulat mengalami metamorfosis menjadi kupu-kupu. Setelah beberapa waktu, kepompong akan pecah dan keluarlah kupu-kupu dewasa.
- Tingkat Kesulitan: Sedang
- Variasi Soal: Siswa diminta menggambar tahapan daur hidup kupu-kupu.
III. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Pada IPS, fokusnya adalah pada pemahaman tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya, serta pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.
Contoh Soal 1:
Soal:
-
Sebutkan contoh sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitarmu!
-
Bagaimana cara kita memanfaatkan sumber daya alam tersebut dengan bijak?
Jawaban dan Penjelasan:
-
Jawaban: Contoh sumber daya alam: air, tanah, tumbuhan, hewan, udara, sinar matahari.
- Tingkat Kesulitan: Mudah
- Variasi Soal: Siswa diminta mengelompokkan sumber daya alam menjadi sumber daya alam yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui.
-
Jawaban: Cara memanfaatkan sumber daya alam dengan bijak:
-
Menghemat penggunaan air.
-
Menanam pohon untuk menjaga kelestarian hutan.
-
Tidak membuang sampah sembarangan.
-
Menggunakan energi alternatif seperti energi matahari.
-
Melakukan reboisasi.
-
Mengurangi penggunaan plastik.
-
Tingkat Kesulitan: Sedang
-
Variasi Soal: Siswa diminta membuat poster tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.
-
Contoh Soal 2:
Soal:
Mengapa penting untuk menjaga kelestarian lingkungan?
Jawaban dan Penjelasan:
Penting untuk menjaga kelestarian lingkungan karena lingkungan yang sehat dan lestari akan memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Lingkungan yang rusak dapat menyebabkan bencana alam, penyakit, dan kekurangan sumber daya alam.
- Tingkat Kesulitan: Mudah
- Variasi Soal: Siswa diminta memberikan contoh dampak negatif dari kerusakan lingkungan.
IV. Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
Dalam SBdP, fokusnya adalah pada kemampuan mengamati dan menggambar bentuk-bentuk tumbuhan dan hewan, serta membuat karya seni sederhana dari bahan-bahan alam.
Contoh Soal 1:
Soal:
Gambarlah sebuah tumbuhan yang kamu sukai! Berikan warna yang sesuai agar gambar terlihat menarik.
Jawaban dan Penjelasan:
(Jawaban akan bervariasi tergantung tumbuhan yang dipilih siswa. Penilaian akan didasarkan pada ketepatan bentuk, komposisi warna, dan kerapian gambar.)
- Tingkat Kesulitan: Mudah
- Variasi Soal: Siswa diminta mewarnai gambar tumbuhan yang sudah disediakan.
Contoh Soal 2:
Soal:
Buatlah sebuah karya seni sederhana dari bahan-bahan alam seperti daun kering, ranting, atau biji-bijian!
Jawaban dan Penjelasan:
(Jawaban akan bervariasi tergantung kreativitas siswa. Contoh: membuat kolase gambar hewan dari daun kering.)
- Tingkat Kesulitan: Sedang
- Variasi Soal: Siswa diminta menceritakan tentang karya seni yang mereka buat dan bahan-bahan yang digunakan.
Kesimpulan
Contoh-contoh soal di atas hanyalah sebagian kecil dari berbagai kemungkinan soal yang dapat diberikan dalam pembelajaran tematik tema 3 subtema 1 kelas 4. Penting bagi guru untuk memberikan variasi soal yang menantang dan merangsang kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu, pembelajaran harus dikaitkan dengan pengalaman sehari-hari siswa agar mereka lebih memahami dan menghargai pentingnya peduli terhadap makhluk hidup di lingkungan sekitar mereka. Dengan pemahaman yang baik, diharapkan siswa dapat menjadi generasi yang bertanggung jawab dan peduli terhadap kelestarian lingkungan. Evaluasi yang komprehensif, termasuk observasi, penugasan, dan tes tertulis, akan membantu guru menilai pemahaman siswa secara menyeluruh.