
- by admin
- 0
- Posted on
Contoh Soal Tengah Semester Penjaskes Kelas 4 MI: Membangun Generasi Sehat dan Aktif
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Penjaskes) merupakan mata pelajaran penting dalam kurikulum Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang bertujuan untuk mengembangkan potensi fisik, mental, sosial, emosional, dan spiritual peserta didik. Penjaskes tidak hanya mengajarkan keterampilan motorik, tetapi juga menanamkan nilai-nilai sportivitas, kerjasama, disiplin, dan gaya hidup sehat.
Ujian Tengah Semester (UTS) Penjaskes Kelas 4 MI menjadi salah satu momen penting untuk mengukur pemahaman dan penguasaan peserta didik terhadap materi yang telah dipelajari selama setengah semester. Soal-soal yang diberikan harus mencakup berbagai aspek, mulai dari pengetahuan tentang gerak dasar, permainan tradisional, kesehatan diri, hingga pemahaman tentang pentingnya menjaga kebersihan dan keselamatan.
Artikel ini akan menyajikan contoh soal UTS Penjaskes Kelas 4 MI yang komprehensif, mencakup berbagai materi yang relevan dengan kurikulum yang berlaku. Contoh soal ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi guru dalam menyusun soal UTS, serta membantu peserta didik dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian.
I. Gerak Dasar dan Permainan Tradisional
Bagian ini akan menguji pemahaman peserta didik tentang gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif, serta penerapannya dalam permainan tradisional.
A. Pilihan Ganda
-
Gerakan berpindah tempat disebut gerak…
a. Non-lokomotor
b. Manipulatif
c. Lokomotor
d. Keseimbangan -
Contoh gerak lokomotor adalah…
a. Meliuk
b. Berlari
c. Memutar
d. Membungkuk -
Gerakan yang tidak berpindah tempat disebut gerak…
a. Non-lokomotor
b. Manipulatif
c. Lokomotor
d. Kelenturan -
Contoh gerak non-lokomotor adalah…
a. Melompat
b. Berguling
c. Mengayun
d. Berjalan -
Gerakan menggunakan alat atau benda disebut gerak…
a. Non-lokomotor
b. Manipulatif
c. Lokomotor
d. Keseimbangan -
Contoh gerak manipulatif adalah…
a. Membungkuk
b. Melempar bola
c. Menekuk
d. Memutar -
Permainan tradisional yang menggunakan tali adalah…
a. Gobak Sodor
b. Lompat Tali
c. Petak Umpet
d. Engklek -
Dalam permainan Gobak Sodor, pemain berusaha untuk…
a. Melewati garis penjaga tanpa tersentuh
b. Menangkap bola
c. Melompat setinggi mungkin
d. Berlari secepat mungkin -
Permainan Engklek melatih…
a. Kekuatan
b. Kecepatan
c. Keseimbangan
d. Kelenturan -
Dalam permainan Petak Umpet, pemain yang bertugas mencari disebut…
a. Penjaga
b. Kucing
c. Pengejar
d. Pelari
B. Isian Singkat
- Gerakan berjalan termasuk gerak dasar _____. (Lokomotor)
- Gerakan memutar badan termasuk gerak dasar _____. (Non-lokomotor)
- Gerakan menendang bola termasuk gerak dasar _____. (Manipulatif)
- Permainan tradisional yang membutuhkan kerjasama tim adalah _____. (Gobak Sodor)
- Permainan tradisional yang menggunakan batu pipih adalah _____. (Engklek)
C. Uraian
- Jelaskan perbedaan antara gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif! Berikan masing-masing 2 contoh!
- Sebutkan 3 manfaat bermain permainan tradisional!
- Jelaskan cara bermain salah satu permainan tradisional yang kamu ketahui!
II. Kesehatan Diri dan Lingkungan
Bagian ini akan menguji pemahaman peserta didik tentang pentingnya menjaga kebersihan diri, makanan sehat, dan lingkungan yang bersih.
A. Pilihan Ganda
-
Mencuci tangan sebaiknya dilakukan dengan…
a. Air saja
b. Air dan sabun
c. Alkohol
d. Hand sanitizer saja -
Waktu yang tepat untuk mencuci tangan adalah…
a. Setelah bangun tidur
b. Sebelum makan
c. Setelah bermain
d. Semua benar -
Makanan yang mengandung banyak vitamin adalah…
a. Nasi
b. Roti
c. Buah-buahan
d. Daging -
Makanan yang mengandung banyak protein adalah…
a. Sayuran
b. Telur
c. Nasi
d. Buah-buahan -
Sampah yang mudah terurai disebut sampah…
a. Anorganik
b. Organik
c. B3
d. Plastik -
Contoh sampah organik adalah…
a. Plastik
b. Kaca
c. Daun kering
d. Logam -
Sampah yang sulit terurai disebut sampah…
a. Anorganik
b. Organik
c. B3
d. Kompos -
Contoh sampah anorganik adalah…
a. Sisa makanan
b. Botol plastik
c. Daun kering
d. Kertas -
Membuang sampah sebaiknya di…
a. Sungai
b. Selokan
c. Tempat sampah
d. Sembarang tempat -
Menjaga kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab…
a. Petugas kebersihan
b. Pemerintah
c. Semua orang
d. Orang dewasa
B. Isian Singkat
- Kita harus mandi minimal _____. (Dua kali sehari)
- Gigi harus disikat minimal _____. (Dua kali sehari)
- Makanan yang mengandung karbohidrat adalah _____. (Nasi)
- Kita harus makan makanan yang _____. (Bergizi)
- Lingkungan yang bersih membuat kita _____. (Sehat)
C. Uraian
- Mengapa kita harus mencuci tangan dengan sabun? Jelaskan!
- Sebutkan 3 contoh makanan sehat dan bergizi!
- Mengapa kita harus menjaga kebersihan lingkungan? Jelaskan!
III. Keselamatan Diri
Bagian ini akan menguji pemahaman peserta didik tentang pentingnya menjaga keselamatan diri di rumah, di sekolah, dan di jalan raya.
A. Pilihan Ganda
-
Saat bermain di rumah, sebaiknya tidak bermain di…
a. Halaman
b. Kamar
c. Dapur saat kompor menyala
d. Ruang tamu -
Saat menggunakan gunting, sebaiknya…
a. Berlari-lari
b. Hati-hati
c. Bercanda
d. Melempar gunting -
Saat berada di sekolah, sebaiknya tidak…
a. Belajar
b. Bermain
c. Berkelahi
d. Berolahraga -
Saat menyeberang jalan, sebaiknya…
a. Berlari
b. Di zebra cross
c. Sembarang tempat
d. Tidak melihat kanan kiri -
Saat naik sepeda motor, sebaiknya menggunakan…
a. Topi
b. Helm
c. Jaket
d. Sarung tangan -
Jika ada orang asing yang mengajak pergi, sebaiknya…
a. Ikut saja
b. Menolak dengan sopan
c. Berteriak
d. Bersembunyi -
Jika terluka, sebaiknya…
a. Dibiarkan saja
b. Diobati
c. Ditutupi
d. Dihindari -
Jika melihat kebakaran, sebaiknya…
a. Mendekat
b. Menghubungi pemadam kebakaran
c. Memotret
d. Menonton -
Obat-obatan sebaiknya disimpan di…
a. Tempat bermain
b. Tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak
c. Meja makan
d. Lantai -
Jika ada yang menyakiti, sebaiknya…
a. Membalas
b. Melapor kepada orang tua atau guru
c. Diam saja
d. Menangis
B. Isian Singkat
- Saat bermain di jalan, sebaiknya _____. (Hati-hati)
- Saat menggunakan alat tajam, sebaiknya _____. (Didampingi orang dewasa)
- Jika merasa sakit, sebaiknya _____. (Berobat ke dokter)
- Saat berenang, sebaiknya _____. (Didampingi orang dewasa)
- Kita harus menjaga keselamatan diri agar _____. (Tidak celaka)
C. Uraian
- Sebutkan 3 contoh tindakan yang dapat menjaga keselamatan diri di rumah!
- Sebutkan 3 contoh tindakan yang dapat menjaga keselamatan diri di sekolah!
- Mengapa penting untuk selalu berhati-hati dalam setiap kegiatan? Jelaskan!
Kesimpulan
Contoh soal UTS Penjaskes Kelas 4 MI di atas mencakup berbagai aspek penting dalam pendidikan jasmani dan kesehatan. Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman peserta didik tentang gerak dasar, permainan tradisional, kesehatan diri dan lingkungan, serta keselamatan diri. Dengan mempelajari dan memahami materi-materi tersebut, diharapkan peserta didik dapat menjadi generasi yang sehat, aktif, dan memiliki kesadaran tinggi terhadap pentingnya menjaga kesehatan dan keselamatan diri sendiri serta orang lain.
Guru dapat menggunakan contoh soal ini sebagai referensi dalam menyusun soal UTS yang lebih komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Selain itu, peserta didik juga dapat memanfaatkan contoh soal ini sebagai bahan belajar dan persiapan menghadapi ujian.
Penting untuk diingat bahwa Penjaskes bukan hanya tentang mendapatkan nilai yang baik, tetapi juga tentang membangun karakter dan menanamkan nilai-nilai positif yang akan bermanfaat bagi kehidupan peserta didik di masa depan. Dengan semangat belajar dan berlatih yang tinggi, diharapkan peserta didik dapat meraih prestasi yang gemilang dalam bidang Penjaskes dan menjadi generasi yang sehat dan berkualitas.